Teknik Pengambilan Gambar/foto yang Benar


Teknik Pengambilan Gambar/foto yang Benar
Teknik Pengambilan Gambar/foto yang Benar. Pengambilan gambar atau foto tentunya harus dilakukan dengan benar, apa lagi bagi Anda ingin menjadi seoarang fotografer atau mendalami hobi fotografi. Karena dengan hasil gambar yang bagus, maka foto kita akan bercerita sendiri melalui gambar tersebut.

Ada beberapa teknik pengambilan gambar yaitu type of shot atau angle yang biasa dilakukan oleh para fotografer terkenal. Karena setiap objek akan menemukan frame tersendiri dan tidak bisa disamakan pada pengambilan gambar lainnya.


Teknik Pengambilan Gambar

Bird Eye View
Pengambilan gambar dari atas atau ketinggian objek, sehingga objek berada di bawah dan akan terlihat semua luas bentuknya dari atas. Pengambilan teknik bird eye view biasa digunakan lewat drone.

Eye Level
Teknik ini sangat sering digunakan saat foto bersama atau foto standar, karena pengambilan dilakukan dengan kamera sejajar dengan objek.

Frog Eye
Dengan pengambilan gambar dari atas ketinggian dan sejajar dengan kedudukan objek atau bisa lebih rendah. Sehingga akan menghasilkan objek tampak terlihat luas dan mata penonton mewakili mata katak.

Low Angle
Pengambilan low angle yaitu dilakukan dari sudut bawah ke atas objek. Sehingga objek akan terlihat lebih tinggi, besar, dan kuat.

High Angle
Objek akan terlihat kecil tetapi tidak seperti teknik bird eye view yang melihatkan semua sudut. Teknik high angle memunculkan dramatis kerdil atau kecil.

Long Shot
Pengambilan gambar dengan ukuran pas ataus semua objek akan terlihat semua di dalam frame. Jadi, cocok sekali pengambilan ini digunakan untuk pengambilan ojek dengan menampilkan semua objek.

Medium Long Shot
Dengan teknik medium long shot, maka hanya pengambilan beberapa potong dari objek, seperti objeknya manusia, maka akan di ambil dari atas rambut hingga lutut saja.

Extreme Long Shot
Pengambilan extreme long shot adalah untuk menampilkan semua sudut dari objek, sehingga akan terlihat lebih luas pada frame gambar.

Medium Shot
Teknik medium shot hampir sama dengan medium long shot, tetapi medium shot lebih terbatas ruang lingkupya yaitu dari atas rambut hingga bagian perut.

Close Up
Teknik satu ini akan menampilkan khusus objek yang ingin kita ambil, dan terlihat lebih sempit di frame gambar. Tetapi tujuan gambar akan lebih mudah tersampaikan, melalui bentuk objeknya.

Big Close Up
Big close up akan lebih dekat lagi dengan objek, dan sudut akan tampak cukup sempit, sehingga akan terlihat lebih detail objek yang di ambil.

Extreme Close Up
Pada teknik extreme close up berguna untuk mengambil objek-objek dengan menampilkan detailnya, seperti bagian mata, benda kecil, atau bunga.

Dengan mengetahi teknik pengambilan gambar/foto yang benar di atas, tidak bingung lagi saat pemotretan, maka akan mengetahi hasil objeknya jika sudah di dalam frame. Baca: Cara membuat foto bokeh.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Baca Juga : Teknik Pengambilan Gambar/foto yang Benar