Canon EOS 6D: Kamera Full Frame Dengan Harga Terjangkau


Canon EOS 6D: Kamera Full Frame Dengan Harga Terjangkau
Pemahaman kamera bagi pecinta seni fotografi tentunya sangat penting. Karena kamera merupakan senjata utama yang perlu dipelajari dengan mendalam. Walaupun memang jenis dan ragam serta macam kamera di pasaran sangatlah banyak. Salah satu kamera berkualitas yang banyak dilirik fotografer adalah kamera Full Frame. 

Apa perbedaan kamera DSLR biasa dan kamera DSLR Full Frame? Yang menjadikan perbedaan mendasar antara kamera digital biasa dengan kamera DSLR adalah kemampuan sensor kamera.Semakin tinggi kemampuan sensor kamera , maka kamera tersebut memiliki sensor menyamai ukaran film analaog atau dikenal dengan sensor Full Frame (36 x 24 mm) dan akan semakin mahal kamera tersebut. 

Harga rata-rata untuk sebuah kamera yang memiliki sensor Full Frame berkisar di angka puluhan juta rupiah. Fantastis memang, namun ini sebanding dengan fitur dan teknologi yang di dapat. Rata rata harganya mencapai 30 hingga 50 juta untuk sebuah body kamera saja, sebut saja kamera EOS 5D mark III yang setara dengan EOS 5D masih dijual dengan harga 50 Jutaan.

Karena mengingat harga yang cukup melambung, kamera Full Frame banyak ditujukan untuk fotografer profesional yang tentunya dapat memaksimalkan kinerja kamera dengan harga setinggi itu. Namun Canon ternyata mengeluarkan kamera Full Frame dengan kisaran harga 20 juta kebawah yang tentunya sangat terjangkau untuk sebuah kamera Full Frame. 

Tidak usah takut kualitas yang jelek. Anda tentu mengenal Canon bukan? Sebuah perusahaan pembuat kamera yang banyak menghasilkan kamera-kamera berkualitas. Harga yang terjangkau memang salah satu kelebihan yang dimiliki oleh produk-produk canon. Dengan harga kamera Full Frame yang terjangkau, bukan tidak mungkin anda yang ingin naik tingkat dari pemula dapat membelinya.

Jika harga kamera Full Frame lain dapat mencapai 30 juta hingga 50 juta, Canon EOS 6D dapat dikatakan sangat terjangkau. Harga yang ditawarkan untuk sebuah kamera ini berkisar antara Rp 17.400.000 hingga Rp 20.000.000. Harga untuk sebuah Canon EOS 6D non-wifi tentunya akan lebih murah dari yang dilengkapi dengan wifi. Apa saja yang akan anda dapat dengan harga yang terjangkau itu?

Canon EOS 6D dipersenjatai dengan sensor CMOS full frame 20.2 MP yang dipadukan dengan prosesor Digic 5+ yang sama dengan milik 5D Mark III hal ini diklaim mampu menghasilkan gambar dengan ketajaman tinggi digunakan untuk pemotretan dengan kondisi minim cahaya sekalipun

Jadi anda tidak perlu khawatir untuk melakukan pemotretan pada saat malam hari atau kondisi minim cahaya sekalipun. Canon juga mengatakan bahwa kelebihan dari sensor full frame antara lain sensitivitas tinggi, rentang dinamis yang lebih lebar dan rasio S/N yang tinggi. 

Untuk Canon EOS 6D, rentang ISO yang dimiliki dari 100 hingga 25.600 dan dapat dimaksimalkan lagi hingga 102.400. Untuk pemotretan beruntun, kamera ini dapat menghasilkan foto dengan kecepatan hingga 4,5 fps. Sedangkan untuk sistem AF (Auto Fokus), Canon EOS 6D dipersenjatai dengan 11 titik AF. Jangan lupakan pula kemampuannya untuk menghasilkan video berkualitas full HD dengan resolusi 1920x1080p di kecepatan 24fps.
  
Canon EOS 6D diklaim sebagai kamera DSLR sensor Full Frame yang paling ringan dibandingkan kamera Full Frame lain. Bobotnya hanya sekitar 680 gram atau sekitar 0.7 kilogram. Fitur canggih lainnya,Canon EOS 6D juga dilengkapi dengan koneksi via wifi, dimana anda dapat mengoperasikan kamera ini melalui ponsel pintar anda yang berbasis Android atau IOS. 

Jadi kamera ini dapat dikontrol dari jarak jauh via wifi, pengendalinya mengunakan Smartphone atau tablet yang aplikasinya dapat diunduh di play store atau app store dengan gratis. Dengan adanya koneksi wifi pada kamera ini, anda juga dapat meng-upload langsung foto-foto yang dihasilkan oleh kamera ke media social

Langsung dari smartphone anda tanpa perlu membuka kamera yang tersimpan rapi. Selain itu, fitur GPSnya membuat anda dapat melakukan geo tagging untuk memberikan data tentang informasi tempat pengambilan foto. Namun jika dirasa anda tidak memerlukan konektivitas wifi pada kamera anda, anda dapat memilih versi non-wifi yang harganya lebih murah dari versi yang dilengkapi wifi.
Spesifikasi Kamera Canon EOS 6D
Ukuran (L x W x H cm)
14.5 x 11.2 x 7.1 cm
Berat (kg)
0.7
Warna
Hitam
Tipe
Canon EOS 6D
Ukuran Layar (in)
3.0
Megapiksel
20.2
Auto Fokus
Auto dan Manual
Garansi produk
1 Tahun Garansi (Spare-part dan Servis)
Input
USB
Output
Component Video|Composite Video|3.5mm jack|USB|HDMI
Resolusi Layar
1040000 dots
Tipe Baterai
Li-Ion
Format Foto
JPEG, RAW
Ukuran File Foto
5184 x 345
Format Video
MPEG-4 AVC/H.264, MOV
Video HD
Ya
Resolusi Video
1920x1080
Focal Length
29 - 216mm
Image Stabilization
Ya
Range Aperture Lensa
f/3.5-5.6
ISO Range
100-12800
Range Shutter Speed
30 - 1/4000 detik
Built in Flash
Ya
Tipe Memory Card
SD/SDHC/SDXC
HDMI Port
Ya
Tipe Layar
Rear Screen LCD


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Baca Juga : Canon EOS 6D: Kamera Full Frame Dengan Harga Terjangkau