Cara Menghasilkan Gambar/Foto yang Bagus


Jurus Singkat Untuk Hasil Foto HebatCara Menghasilkan Gambar/Foto yang Bagus. Kemajuan fotografi di era digital rasanya semakin berkembang. Lihat saja berbagai macam kamera berlomba-lomba menanamkan fitur yang kian hari kian canggih. Salah satu yang juga mungkin efek dari masuknya era digital pada dunia fotografi adalah dipermudahnya melakukan pengaturan pada kamera.

Ya, melakukan pengaturan pada kamera terasa lebih mudah di era digital ini. Tidak perlu bersusah payah, anda dapat melakukan semua pengaturan hanya dengan melalui sentuhan pada tombol di kamera anda. Lalu biarkan prosesor pada kamera yang bekerja untuk anda.

Namun tidak berarti semuanya telah dikerjakan oleh prosesor dan anda tinggal memotret tanpa memahami apapun. Melakukan pengaturan pada kamera juga tetap membutuhkan pemahaman tentang kamera tersebut. Sehingga anda dapat menentukan pengaturan seperti apa yang cocok untuk digunakan pada objek tertentu.

Pengaturan untuk objek diam dan objek bergerak tentunya berbeda. Beda pula pengaturan untuk memotret di acara pernikahan dengan memotret di acara konser musik. Kontrol penuh pada sebuah kamera adalah hal yang dibutuhkan fotografer agar dapat memaksimalkan kameranya tersebut.

Dalam pengaturan inilah sebenarnya kemampuan seorang fotografer diuji dalam menentukan racikan terbaik untuk mendapatkan foto terbaik. Dimana beda objek dan tempat akan membutuhkan pengaturan yang berbeda pula.

Hampir setiap kamera digital nampaknya dilengkapi beberapa pengaturan standard seperti ISO dan white balance. Bahkan pada kamera ponsel pun beberapa telah menambahkan fitur pengaturan ini. Karena walau bagaimanapun, fitur pengaturan ini akan menentukan foto yang akan dihasilkan nantinya.

Kesalahan pada pengaturan akan membuat foto yang anda ambil menjadi tidak sesuai. Untuk mengurangi kesalahan yang membuat foto menjadi tidak sesuai ada baiknya anda memperhatikan beberapa pengaturan dasar sebelum anda mulai mengambil foto.


Menghasilkan Gambar/Foto Bagus

Pengaturan White Balance
Pengaturan white balance pada kamera sangatlah penting. Kamera tidak seperti mata yang dapat dengan mudahnya menyesuaikan kondisi pencahayaan. Untuk itu, pengaturan white balance pada kamera sangatlah diperlukan agar kamera dapat mengenali warna pada foto. Merah tetap menjadi merah, putih tetap menjadi putih.

Singkatnya pengaturan white balance pada kamera diperlukan untuk mendapatkan warna yang akurat pada foto. Di beberapa kamera, biasanya disediakan fitur untuk melakukan pengaturan white balance secara manual sehingga anda dapat menentukan pengaturan terbaik bagi kamera. Namun jika anda lebih percaya kamera, atur white balance pada pengaturan auto.

Highlight Warning
Gunakan highlight warning pada kamera anda untuk menghindari foto yang overexposure. Highlight Warning adalah penanda yang muncul pada layar LCD saat ada overexposure pada bagian objek yang akan anda ambil.

Overexposure sendiri berarti bagian tersebut terkena terlalu banyak atau terlalu lama paparan cahaya sehingga menjadi overexposure atau terbakar. Selain menggunakan highlight warning, anda juga dapat memeriksa histogram untuk menghindari overexposure.

Pengaturan ISO
Pengaturan ISO menentukan seberapa peka sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi angka pada ISO menandakan bahwa kamera tersebut semakin peka terhadap cahaya yang masuk. Pengaturan ISO pada tiap keadaan tentunya berbeda.

Anda memerlukan ISO yang tinggi pada saat mengambil foto dalam kondisi minim cahaya dan tentunya ISO yang rendah diperlukan pada saat kondisi cahaya cukup atau bahkan berlebih. Pada tiap kamera biasanya anda dapat mengatur ISO secara manual, sehingga anda dapat menentukan rentang ISO yang terbaik pada setiap foto yang akan anda ambil. Namun jika anda belum terlalu mengerti, ada baiknya gunakan pengaturan ISO secara auto dan biarkan kamera bekerja.

Pengaturan Ukuran dan Format Foto
Memotret foto dalam jumlah yang banyak tentunya membutuhkan pengaturan ukuran yang tepat. Terutama saat kapasitas penyimpanan yang tersedia tidak meninggalkan banyak ruang kosong. Ada baiknya anda menentukan sendiri ukuran foto yang tepat digunakan. Jangan lupa pula menentukan format yang digunakan sebelum anda memulai sesi pengambilan foto.

Pengaturan Mode Exposure
Hal yang juga tidak kalah penting yaitu pengaturan mode exposure pada kamera. Fitur ini biasanya disuguhkan pada kamera DSLR, Mirorrless ataupun kamera pocket kelas atas. Disini anda dapat memilih pengaturan mode exposure yang sesuai untuk objek yang akan ditangkap.

Apakah anda akan memilih mode manual, Aperture Priority untuk kontrol penuh pada nilai aperture, Shutter Priority untuk membekukan objek bergerak, atau cukup memuilih Auto untuk mempercayakan seluruhnya pada kamera. Selain Manual, Aperture Priority, Shutter Priority, kamera juga menyediakan pengaturan Mode Program dan beberapa preset bawaan kamera yang dapat anda pilih.

Lakukan dan cek kembali beberapa pengaturan di atas dengan mengikuti cara menghasilkan gambar/foto yang bagus agar foto yang anda hasilkan maksimal. Untuk seorang pemula dan belum terlalu paham akan pengaturan di atas, lakukanlah pengaturan otomatis dan mulai memahami tiap pengaturan tersebut.

Jika dirasa sudah paham silahkan lakukan pengaturan secara manual oleh anda sendiri untuk menentukan racikan yang pas untuk tiap objek yang akan anda ambil. Selamat bereksperimen!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Baca Juga : Cara Menghasilkan Gambar/Foto yang Bagus